Selamat datang, semoga informasi yang ada di sini bisa berguna bagi anda...

Friday, June 29, 2012

Tips Menulis Surat Lamaran Pekerjaan melalui Surat Elektronik (e-mail)

Zaman sekarang, banyak perusahaan yang memakai jasa surat elektronik untuk merekrut karyawan baru. Surat elektronik ini akan memudahkan perusahaan untuk meneruskan (forward) surat lamaran pekerjaan kepada bagian-bagian terkait. Dan bagi calon karyawan, surat elektronik akan membantu mereka untuk mengirim surat lamaran dengan cepat.

Adapun tips-tips menulis surat lamaran melalui e-mail adalah : 


1. Judul e-mail harus jelas.
Judul e-mail mu harus menolong penerimanya untuk segera mengetahui maksud dari e-mail mu. Oleh karena itu, tuliskan judul e-mail dengan jelas dan singkat. Contoh : Lamaran untuk posisi Manager.

2. Tulis surat lamaran di badan e-mail.

Kamu dapat menuliskan surat lamaranmu di badan e-mail, sehingga perusahaan yang dituju bisa menerima surat lamaranmu dengan baik.

3. Resume.
Jangan menulis resume di badan e-mail. Tuliskan dalam file tersendiri dan jadikan sebagai lampiran e-mail mu.

4. Format file.
Umumnya perusahaan meminta file ms.word, namun kamu bisa mengirimkan file berformat PDF.

5. Kapasitas e-mail.
Usahakan kapasitas e-mail mu tidak melebihi 300KB. Kapasitas e-mail dipengaruhi oleh ukuran file yang kamu lampirkan (attach). Jika kamu diminta menyertakan foto, jangan lampirkan foto dengan ukuran file yang terlalu besar.

6. E-mail signature.
E-mail signature adalah teks yang dituliskan secara otomatis oleh penyedia layanan (provider) e-mail mu. Signature ini bisa kamu setting sendiri.

7. Tes kirim.
Kamu perlu melakukan tes pengiriman e-mail tersebut. Lakukan ini dengan mengirimkan e-mail surat lamaranmu lengkap dengan lampirannya (attachment) ke e-mail mu yang lain. Akan tetapi, jangan melakukan percobaan tes pengiriman ke e-mail perusahaan yang kamu tuju.

Selamat mencoba, semoga berhasil.

No comments:

Post a Comment